Rabu, 21 November 2012

Jadwal Pertandingan dan Skuad Timnas di Piala AFF 2012

Piala AFFJadwal Siaran Langsung Pertandingan Piala AFF di RCTI | Skuad Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF Suzuki Cup 2012 | Sejarah Piala AFF 

Manajemen Timnas Indonesia telah mengumumkan 22 pemain yang akan dibawa untuk berlaga di Piala AFF 2012. Satu pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Maitimo ditinggal karena administrasi kewarganegaraan dia belum selesai.

“Kami mengumumkan 22 pemain yang akan memperkuat Indonesia di Piala AFF 2012. Raphael Maitimo tidak kami bawa karena administrasi kewarganegaaran dia belum selesai. Namun kami tetap menunggu sampai tanggal 23 November, apabila proses administrasi kewarganegaraan Raphael selesai maka dia akan kami bawa. Sebagai gantinya satu pemain akan menggantikan posisinya karena hanya 22 pemain saja yang dapat dimainkan di Piala AFF 2012,” tutur manajer Timnas Indonesia, Habil Marati ditemui di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (20/11/2012).

Selain Raphael Maitimo, Habil Marati mengungkapkan, penjaga gawang Syamsidar juga masuk dalam daftar tunggu timnas. Dia meminta Syamsidar untuk bersiap apabila kondisi dari salah satu penjaga gawang, Endra Prasetya ataupun Wahyu Tri Nugroho tidak dapat dimainkan.

Timnas Indonesia akan berangkat menuju ke Malaysia pada Rabu (21/11/2012), setiba di Malaysia skuat asuhan pelatih Nil Maizar akan dijemput oleh Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno dan akan dijamu di Kedubes.
Piala AFF


Persiapan untuk berlaga di Piala AFF 2012 sudah dilakukan sejak bulan April lalu. Selain menggelar pemusatan latihan timnas juga melakukan beberapa pertandingan ujicoba diantaranya melawan Timnas Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Timor Leste dan Kamerun. Serta melawan dua klub elit eropa Inter Milan dan Valencia.

Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 berada di Grup B, satu grup bersama Laos, Singapura, dan tuan rumah Malaysia.Irfan Bachdim dkk akan melakukan pertandingan pertama melawan Laos pada Minggu (25/11/2012), kemudian melawan Singapura, Rabu (28/11/2012) dan pertandingan terakhir melawan Malaysia, Sabtu(1/12/2012).

Berikut daftar nama 22 pemain yang dibawa untuk berlaga di Piala AFF 2012:

Kiper:
Endra Prasetya (Persebaya), Wahyu Tri Nugroho (Persiba Bantul)
Belakang:
Nopendi (Persiba Bantul), Wahyu Wijiastanto (Persiba Bantul), Handi
Ramdan (Persija IPL), Fakhrudin (PSS Sleman), Valentino Telaubun
(Bontang FC), Novan Setia Sasongko (Semen Padang), Arthur Irawan
(Espanyol B)
Tengah:
Elie Aiboy (Semen Padang), Taufik (Persebaya), Andik Vermansyah
(Persebaya), Vendri Mofu (Semen Padang), Cornelis Gedi (Persija IPL),
Rasyid (PSM Makassar), Irfan Bachdim (Persebaya), Oktavianus Maniani
(Persiram), Tonnie Cussel (GVVV Veenendaal)
Depan:
M Rahmad (PSM), Syamsul Arief (Persibo), Bambang Pamungkas (Persija
ISL), Johny Van Beukering (Presikhaaf)
Jadwal Siaran Langsung RCTI di Pertandingan Piala AFF Suzuki Cup 2012 | Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF Suzuki Cup 2012


Jadwal Pertandingan Piala AFF Suzuki Cup 2012 :


GRUP A                
GRUP B              
Thailand
Vietnam
Philipina
Myanmar
Malaysia
Indonesia
Singapura
Laos

Babak Penyisihan Grup
Sabtu 24 November 2012 : Vietnam vs Myanmar (Grup A)
Sabtu 24 November 2012 : Thailand vs Filipina (Grup A)
Minggu 25 November 2012 : Indonesia vs Laos (Grup B) Live di RCTI Pukul 18:00 WIB
Minggu 25 November 2012 : Malaysia vs Singapura (Grup B)
Selasa 27 November 2012 : Vietnam vs Filipina (Grup A)
Selasa 27 November 2012 : Myanmar vs Thailand (Grup A)
Rabu 28 November 2012 : Indonesia vs Singapura (Grup B) Live di RCTI Pukul 18:00 WIB
Rabu 28 November 2012 : Laos vs Malaysia (Grup B)
Jum'at 30 November 2012 : Filipina vs Myanmar (Grup A)
Jum'at 30 November 2012 : Thailand vs Vietnam (Grup A)
Sabtu 1 Desember 2012 : Singapura vs Laos (Grup B)
Sabtu 1 Desember 2012 : Malaysia vs Indonesia (Grup B) Live di RCTI Pukul 20:45 WIB
Babak Semifinal
Sabtu 8 Desember 2012 : Runner-up Grup A vs Juara Grup B (Leg 1 - SF1)
Minggu 9 Desember 2012 : Runner-up Grup B vs Juara Grup A (Leg 1 - SF2)
Rabu 12 Desember 2012 : Juara Grup B vs Runner-up Grup A (Leg 2 - SF1)
Kamis 13 Desember 2012 : Juara Grup A vs Runner-up Grup B (Leg 2 - SF2)

Final Piala AFF 2012
Rabu 19 Desember 2012 : Pemenang SF1 vs Pemenang SF2 (Leg 1)
Sabtu 22 Desember 2012 : Pemenang SF2 vs Pemenang SF1 (Leg 2)


Sejarah Piala AFF (AFF Cup) Sejak Tahun 1996 Hingga Sekarang

Mengetahui Kiprah Indonesia di Piala AFF
TIGER CUP TAHUN 1996
Sesuai dengan kesepakatan federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) digelar turnamen dua tahunan antarnegara sebagai ajang tertinggi kompetisi sepakbola di kawasan tersebut. Seiring dengan itu, SEA Games diputuskan hanya diikuti timnas U-23 karena turnamen dwitahunan ini akan menjadi tingkat tertinggi kompetisi antarnegara Asia Tenggara.

Untuk edisi pertama Piala AFF digelar di Singapura dan menggandeng perusahaan bir Tiger. Turnamen kali ini menjadi satu-satunya yang diikuti oleh Brunei Darussalam hingga saat ini. Pada beberapa turnamen lanjutan, Brunei menolak berpartisipasi karena turnamen disponsori perusahaan minuman beralkohol.

Indonesia memberangkatkan tim yang dilatih Danurwindo dan bermaterikan paduan pemain senior dengan pemain muda hasil kompetisi Primavera di Italia. Yeyen Tumena, Eko Purjianto, dan Anang Ma'ruf mendampingi para bek berpengalaman seperti Robby Darwis dan Jaya Hartono. Di lini depan Kurniawan Dwi Yulianto masuk tim mendampingi Peri Sandria dan Widodo Cahyono Putra.

Kekuatan sepakbola Asia Tenggara saat itu masih timpang. Ada celah yang lebar antara kekuatan tradisional seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia dengan Myanmar, Laos, Kamboja, Filipina, dan Brunei. Sedangkan Vietnam dan Singapura sedang menata diri sebagai kekuatan baru.

Khusus Singapura, inilah turnamen terakhir ketika mereka diperkuat penyerang legendaris Fandi Ahmad. Fandi berhasil mencetak empat gol untuk menjadi topskor Singapura sepanjang turnamen. Sayangnya, Singapura gagal di babak penyisihan.

Langkah Indonesia begitu mulus di penyisihan Grup A. Tiga tim gurem dilalap habis: Myanmar, Laos, dan Kamboja. Ketika menghadapi Vietnam, Indonesia berbagi angka 1-1. Di Grup B, Thailand dan Malaysia lolos berdampingan.

Indonesia tampil antiklimaks di babak semi-final menghadapi Malaysia. Di stadion Nasional, Indonesia menyerah kalah 3-1. Dalam 15 menit pertama, Indonesia sudah tertinggal dua gol lewat gol-gol Sanbagamaran dan Rusdee Sulong. Gol bunuh diri Azmil Azali sebelum jeda menghidupkan peluang Indonesia, tapi perjuangan menyamakan kedudukan runtuh ketika Shamsurin Abdul Rahman mencetak gol terakhir Malaysia.

Di final, Malaysia bertemu dengan Thailand yang melaju mulus mengalahkan Vietnam, 4-2. Sebelum final, Vietnam memastikan diri menjadi juara ketiga berkat kemenangan 3-2 atas Indonesia. Laga puncak sendiri berakhir dengan kemenangan Thailand berkat gol penyerang emas mereka, Kiatisuk Senamuang.


AFF Championship
Tiger Cup 1996

Tanggal Pertandingan Indonesia di Grup A dan Pencetak Gol
Indonesia 5 - Laos 1
Fachri Husaini (5")
Eri Irianto (15")
Kurniawan Dwi Yulianto (17")
Robby Darwis (34")
Peri Sandria (65")
Savatdy Saysana (75")


Indonesia 3 - Kamboja 0
Kurniawan Dwi Yulianto (15")
Peri Sandria (2")
Eri Irianto (60")

Indonesia 6 - Myanmar 1
Fachri Husaini (7", 66")
Peri Sandria (20", 26")
Ansyari Lubis (28")
Eri Irianto (39")

Indonesia 1 - Vietnam 1
Kurniawan Dwi Yulianto (4")
Vo Hoang Buu (77")

Semi-Final
Sept 13
Malaysia 3 - Indonesia 1
Thailand 4 - Vietnam 2

Play-Off Peringkat 3-4
Tanggal Pertandingan
Sept 13
Vietnam 3 - Indonesia 2
Kurniawan Dwi Yulianto (66")
Aples Gideon Tecuari (85")

Final
Sept 15
Thailand 1 - Malaysia 0

DAFTAR HADIAH
Juara : Thailand (USD 80,000)
Runner-Up : Malaysia (USD 40,000)
Peringkat 3 : Vietnam (USD 20,000)
Peringkat 4 : Indonesia (USD 10,000)
Fair Play Award : Brunei
Sepatu Emas : Natapong Sritong (Thailand)
Pemain Terbaik : Zainal Abidin Hassan (Malaysia)

TIGER CUP 1998
Vietnam menjadi negara kedua yang mendapat kehormatan menyelenggarakan Piala AFF. Turnamen diikuti delapan tim, yaitu Indonesia, Thailand, Myanmar, dan Filipina di Grup A. Sementara tuan rumah Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Laos bercokol di Grup B.

Kejuaraan kali ini paling diingat akibat insiden "sepakbola gajah" antara Indonesia dan Thailand pada pertandingan terakhir Grup A. Kedua tim yang sudah meloloskan diri ke semi-final mencoba melepas pertandingan supaya terhindar dari tuan rumah Vietnam yang memastikan diri sebagai runner-up Grup B. Alasan lain, tim yang menghadapi Vietnam tidak harus memindahkan markas tim dari Ho Chi Minh ke Hanoi.

Indonesia mengalahkan Filipina 3-0 dan Myanmar 6-2 pada dua laga awal, sedangkan Thailand ditahan imbang Myanmar 1-1 dan mengalahkan Filipina 3-1. Otomatis supaya terhindar dari Vietnam di semi-final, Thailand hanya butuh hasil imbang. Tetapi, dengan skenario yang sama, Indonesia justru "harus kalah".

Pertandingan di stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, pada hari terakhir Agustus 1998 itu pun tercatat sebagai yang terburuk sepanjang sejarah. Indonesia dan Thailand bermain seadanya menghindari skenario yang tidak diinginkan.

Babak kedua menghangat. Indonesia unggul lebih dahulu melalui Miro Baldo Bento yang langsung dibalas oleh Kritsada Piandit. Menit 84, Indonesia unggul lagi melalui Aji Santoso, tapi langsung disamakan oleh Therdsak Chaiman. Pemandangan janggal tercipta pada menit terakhir pertandingan. Bayangkan, para pemain Thailand berupaya memperkuat pertahanan Indonesia! Mereka kalah cepat dan Mursyid Effendi menceploskan bola ke gawang sendiri supaya Indonesia kalah 3-2. Thailand pun lolos sebagai juara grup menghadapi Vietnam, sedangkan Indonesia melawan Singapura.

Tindakan memalukan itu berbuntut panjang. Mursyid dihukum seumur hidup tidak boleh tampil lagi di pentas internasional. Kedua tim dijatuhi denda US$40 ribu oleh FIFA karena "menghancurkan semangat sepakbola". Ketua Umum PSSI Azwar Anas yang hadir menyaksikan pertandingan meneteskan air mata. Sekembalinya ke Jakarta, Azwar meletakkan jabatan.

Turnamen kali ini juga diwarnai kejutan ketika tim favorit Vietnam akhirnya ditundukkan Singapura di laga puncak. Gol Sasi Kumar pada menit ke-65 berhasil memberikan Singapura gelar pertama mereka di kancah internasional.

Namun, sepakbola gajah antara Indonesia dan Thailand yang masih menjadi bahan perbincangan menarik hingga dewasa ini.

Tiger Cup 1998

Grup A P W D L F A Pts
Thailand 3 2 1 0 7 4 7
Indonesia 3 2 0 1 11 5 6
Myanmar 3 1 1 1 8 9 4
Filipina 3 0 0 3 3 11 0

HASIL PERTANDINGAN INDONESIA DI GRUP A
Indonesia 3 - Filipina 1
Indonesia 6 - Myanmar 2
Indonesia 2 - Thailand 3

Semi-Final
Sept 2 (Hanoi)
Vietnam 3 Thailand 0
Sept 3 (Ho Chi Minh)
Singapura 2 Indonesia 1

Play-Off Peringkat 3-4
Sept 5 (Ho Chi Minh)
Thailand 3 Indonesia 3 (Indonesia menang adu penalti 5-4)

Final
Sept 5 (Hanoi)
Singapura 1 Vietnam 0

TIGER CUP 2000

Setelah menuai hasil buruk di Piala Asia 2000 di Lebanon, selang beberapa hari kemudian timnas kita tampil pada Piala Tiger, November 2000 di Thailand. Berada satu grup dengan Thailand, Filipina dan Myanmar. Partai pertama timnas yang didukung duet striker Gendut Dony-Kurniawan DJ menaklukan Filipina 3-0, pada partai ke-2 timnas kita dipermak Thailad 1-4. Pada partai penentuan lolos ke semifinal Indonesia bisa mengalahkan Myanmar dengan skor telak 5-0.

Di Semifinal timnas bertemu dengan negeri paman HO Vietnam. Pertandingan yang penuh ketegangan akhirnya dimenangkan oleh Indonesia dengan skor 3-2 melalui extra time, gol Gendut Dony menit 120 meloloskan Indonesia untuk menantang raja Asean Thailand. Partai final di stadion Rajamanggala menjadi anti klimaks, timnas kita kembali di cukur 1-4.

TIGER CUP 2002

Tahun 2002 kejuaraan sepakbola terbesar di Asia tenggara digelar di Indonesia dan Singapura. Ada asa yang besar ingin melihat Indonesia keluar sebagai juara. Dengan arsitek pelatih Ivan Kolev timnas kita diharapkan dapat memberikan gelar pertama dalam 11 tahun terakhir. Bermain di Jakarta memberikan keuntungan bagi Indonesia. Tapi sayang seribu sayang partai pertama timnas kita ditahan Myanmar 0-0, partai kedua penampilan buruk Bambang Pamungkas dkk belum hilang untungnya timnas bisa menang tipis 4-2 atas tim lemah Kamboja. Melawan Vietnam timnas kita hampir saja kalah sebelum zaenal Arief menyelamatkan Indonesia 2-2. Di Partai terakhir yang menentukan timnas kita membantai Filipina 13-1.

Semifinal mempertemukan Timnas dengan Malaysia, bermain buruk dan lebih banyak ditekan timnas kita beruntung masih bisa menang 1-0 melalui gol Bambang Pamungkas. Partai puncak lagi-lagi mempertemukan Indonesia dengan Thailand yang dilatih Peter White, sebuah partai sarat emosi dan balas dendam. Sempat tertinggal 2 gol, timnas kita bisa menyamakan skor menjadi 2-2. Lagi-lagi momok adu pinalti membuyarkan mimpi Indonesia merengkuh juara Asean, Indonesia takluk 2-4 dalam drama adu pinalti.

TIGER CUP 2004

Dua tahun kemudian kejuaraan ini digelar di Malaysia dan Vietnam. Indonesia berada grup A, grup maut bersama tuan rumah Vietnam, Singapura, Laos dan Kamboja. Ilham Jayakesuma untuk pertama kalinya dipercaya membela garuda senior. Bintang timnas yang lain adalah the rising star Boaz Salossa. Indonesia keluar sebagai juara grup setelah menang 6-0 atas Laos, 0-0 dengan Singapura, 3-0 dengan Vietnam dan 8-0 dengan Kamboja. Bermain bagus gawang Hendro Kartiko mencatat rekor clean sheat 100% perawan.

Partai semifinal memakai system home & away. Indonesia berjumpa Malaysia. Awalnya berjalan bagus Indonesia memimpin 1-0, namun setelah itu negeri jiran bangkit dan mengalahkan Garuda 2-1. Modal kemenangan 2-1 Malaysia coba dipertahankan dikandangnya. DI Stadion Bukit Jalil Kuala lumpur menjadi saksi pantang menyerah garuda, sempat ketinggalan 0-1 Timnas kita mampu membalikkan skor dengan memberondong gawang Malaysia 4 kali melalui Kurniawan, Charis Julianto, Ilham dan Boaz, skor akhir 4-1, suporter Malaysia pun terdiam sebaliknya ribuan suporter kita yang didominasi TKI bersorak riang. Dengan agregat 5-2 Indonesia mantap ke final menghadapi Singapura.

Di Final Indonesia tidak mampu menahan laju timnas Singapura yang dipenuhi pemain-pemain naturalisasi. Indonesia takluk 2 kali 1-3 dan 1-2.

2007 ASEAN Football Championship

Perhelatan edisi ke-6 ini nama kejuaraan berubah menjadi kejuaraan sepakbola ASEAN. Tuan rumah grup ditunjuk Singapura dan Thailand. Timnas Indonesia dilatih kembali oleh Peter White yang sukses membawa Thailand juara 2x dan meloloskan Indonesia di final tahun 2005. Bermain buruk di penyisihan grup dengan menang tipis 3-1 serta ditahan Vietnam 1-1 dan Singapura 2-2. Memiliki poin yang sama 5 dengan Singapura, tapi kalah selisih gol membuat Indonesia gagal ke Semifinal.

Hasil yang gagal membawa Indonesia lolos ke semifinal ini, merupakan pencapaian terburuk selama keikutsertaan Indonesia, buntutnya pelatih ikut dipecat. Pada kejuaraan ini, Singapura kembali menjadi juara setelah mengalahkan Raja Asia Tenggara Thailand 2-1 1-1 melalui gol offside yang kontoversi.

Piala Suzuki AFF 2008

Beranggotakan sebagian besar pemain yang tampil bagus di Piala Asia 2007 seperti Bambang Pamungkas, Ponaryo, Budi Santoso dll, timnas garuda yang dilatih Benny Dollo gagal mencapai target masuk final. Bermain di Jakarta tidak memberi keuntungan buat timnas kita. Tampil cukup meyakinkan di partai awal dengan mengalahkan Myanmar 3-0 dan Kamboja 4-0, tapi tumbang 0-2 melawan Singapura. Tim nasional kita bermain buruk di partai terakhir di grup.

Di semifinal Indonesia harus bertemu musuh bubuyutan yang sulit ditaklukan Thailand. Bermain pertama di Gelora Bung Karno timnas kita tampil tanpa energi dan kalah 0-1. Di pertandingan kedua di stadion Rajamanggala Bangkok, sempat memberikan harapan memimpin 1-0 timnas kita tidak berdaya menahan gempuran Thailand, timnas kalah 1-2 dan agregat menjadi 1-3. Kekecewaan ini banyak disebabkan pemilihan pemain yang didominasi muka-muka lama, ini buntutnya dari mandegnya regenerasi timnas kita.
Vietnam tampil sebagai juara baru setelah mengalahkan Thailand.

PIALA AFF 2010
Walau selalu menang (tercatat 6 kali kemenangan, dan sekali kalah), tak mampu mengantarkan Timnas Garuda untuk juara. Di fase grup, Indonesia tampil perkasa. Di akhir penyisihan grup, Indonesia mengalahkan Thailand sekaligus 'membantu' Malaysia lolos ke semifinal karena andai Indonesia kalah, Thailand-lah yang lolos. Namun, Indonesia pun mengakhiri turnamen sebagai runner-up, setelah kalah 0-3 pada laga pertama, Minggu (26/12/2010) namun tak mampu membalas lebih di leg ke-2 dan hanya menang 2-1.

Penyisihan Grup:
Indonesia 5 - Malaysia 1
Indonesia 6 - Malaysia 0
Indonesia 2 - Thailand 1

Semifinal
Leg 1: Indonesia 1 - Philipina 0
Leg 2: Indonesia 1 - Philipina 0

Final
Leg 1: Indonesia 0 - Malaysia 3
Leg 2: Indonesia 2 - Malaysia 1


Daftar Pencetak Gol Terbanyak Piala Suzuki AFF
1996 7 gol Natipong Sritong-In (Thailand)
1998 4 gol Myo Hlaing Win (Myanmar)
2000 5 gol Gendut Dony Christiawan (Indonesia) dan Worrawoot Srimaka (Thailand)
2002 8 gol Bambang Pamungkas (Indonesia)
2004 7 gol Ilham Jaya Kesuma (Indonesia)
2007 10 gol Mohd Noh Alam Shah (Singapura)
2008 4 gol Budi Sudarsono (Indonesia) , Agu Casmir (Singapura), dan Teerasil Dangda (Thailand)

[sumber;tribunnews.com,infoekita-handphone.blogspot.com,yadikarnadi.blogspot.com dll]
◄ Newer Post Older Post ►