Senin, 15 Oktober 2012

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Tips Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Perubahan tubuh akan terjadi pada saat seorang wanita mengandung. Dada, perut dan pinggul akan semakin besar. Itu hal yang wajar. Namun setelah melahirkan, perlu diusahakan agar perut yang kendor bisa kembali ramping sehingga penampilan tetap menarik. Bagaimana caranya?

Dalam tradisi masyarakat Jawa, biasanya ibu-ibu muda yang baru melahirkan rajin meminum ramuan jamu untuk memulihkan kondisinya. Beras kencur adalah salah satu bahan alami yang dapat diracik sendiri untuk mengatasi perut atau rahim yang kendor sehingga kembali akan singset seperti sebelum hamil. Bahkan kalau Anda rajin minum beras kencur, selain rahim akan mengecil juga mengurangi kemungkinan infeksi dalam kandungan. Untuk meracik ramuan ini, sediakan 3 sendok makan beras, jahe sepotong besar, kunyit kecil, gula jawa 125 gram, asam jawa 1 sendok makan, garam, jeruk nipis 1 butir dan sedikit daun pandan.



Mula-mula beras direndam 3 jam lamanya. Gula, kunyit, asam, jahe, dan daun pandan direbus dengan 3 gelas air, kemudian disaring. Kencur, jahe, dan kunyit (yang diambil setelah direbus), digiling dengan beras. Sesudah halus, air rebusan tadi sedikit demi sedikit dicampurkan pada gilingan rempah-rempah tadi. Saringlah dengan kain yang bersih. Terakhir, peraslah jeruk nipis dan bubuhi garam secukupnya. Kalau kurang manis tambahkan gula pasir. Ramuan siap diminum. Sebaiknya Anda teratur dan rajin meminumnya sehingga kondisi badan akan kembali seperti semula. Ramuan meracik sendiri ini selain lebih sehat juga khasiatnya lebih ampuh. Karena masih alami tidak tercampur bahan kimia.

Kebablasan Buang Air Kecil

Berkaitan dengan masalah rahim, kalau Anda punya gejala-gejala sering kebablasan buang air kecil, misalkan pada saat tertawa terpingkal-pingkal, batuk atau bersin tiba-tiba keluar kencing di celana. Jika gejala ini diikuti oleh ketidaknyamanan di antara kedua kaki, kemungkinan rahim Anda merosot disebabkan melemahnya otot dan ligamen penyangga rahim. Atau bisa jadi gangguan ketidakmerataan tekanan yaitu melemahnya otot pinggul yang berakibat kebocoran air seni setiap kali kandung kemih mendapat tekanan.

Untuk mencegahnya Anda bisa melakukan senam. Pertama tegangkan otot sekitar V4gina ke atas dan ke dalam sampai aliran air seni terhenti. Kemudian tahan posisi ini sampai hitungan ke-6. Selanjutnya biarkan air seni mengalir lagi, dan hitung sampai hitungan ke-6 juga. Terakhir, tahan lagi sampai hitungan ke-6 sebelum menghabiskan air seni sampai kandung kemih benar-benar kosong. Selamat mencoba.


Mengecilkan Perut Bawah Setelah Melahirkan

Perempuan yang sedang hamil akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Dada, pinggul, dan perut akan membesar. Setelah melahirkan perut akan menjadi kendor. Perlu usaha agar perut kembali kencang dan ramping. Postur tubuh yang ideal dan perut kencang adalah dambaan setiap orang. Kadang orang rela melakukan apapun untuk mengecilkan perut bawah, termasuk mengonsumsi obat tanpa mempedulikan efeknya.

Cara tradisional banyak ditinggalkan karena dirasa kurang praktis alias ribet. Namun cara tradisional bisa dilakukan karena lebih aman dan tidak ada efek samping. Hasilnya pun akan memuaskan dan nyaman. Jika dilakukan dengan kesabaran hasilnya akan bertahan lama. Perlu diketahui bahwa pendapat yang mengatakan sit up untuk mengecilkan perut adalah tidak tepat. Sit up bukan untuk mengecilkan perut, melainkan untuk mengencangkan otot perut dan membuat perut kencang serta rata. Jadi, jika kondisi perut masih buncit, langkah pertama adalah mengecilkan perut dahulu. Cara agar perut menjadi singset dengan tepat adalah menghilangkan lemak di perut, baru kemudian membentuk perut.


1. Minum Jamu

Dalam tradisi masyarakat Jawa, perempuan yang sudah melahirkan biasanya diharuskan minum jamu agar kondisi kembali pulih. Inilah solusi aman dan tanpa efek samping. Ada beberapa ramuan alami untuk mengecilkan perut, khususnya mengecilkan perut bagian bawah.

Resep Tradisional untuk Diminum

Beras kencur adalah salah satu bahan alami yang dapat diracik sendiri. Selain bisa mengecilkan perut, beras kencur bisa mengurangi kemungkinan infeksi pada rahim.

Bahan:

a). 3 sendok makan beras, jahe, dan kunyit;
b). gula jawa 125 gram;
c). 1 sendok makan asam jawa dan garam;
d). 1 butir jeruk nipis; dan
e). sedikit daun pandan.

Langkah-langkahnya:

a). Beras direndam selama 3 jam.
b). Gula, kunyit, jahe, asam, dan daun pandan direbus dengan 3 gelas air. Lalu, saring.
c). Kencur, jahe, dan, kunyit yang diambil setelah direbus digiling dengan beras.
d). Setelah halus, air rebusan, sedikit demi sedikit, dicampurkan pada gilingan rempah-rempah tadi.
e). Saring dengan kain bersih.
f). Peraslah air jeruk nipis dan bubuhi garam secukupnya. Kalau kurang manis, tambahkan gula pasir.
g). Beras kencur siap diminum.

Resep Tradisional untuk Bagian Luar

Resep tersebut adalah jamu yang diminum. Ada tips tradisional yang digunakan di bagian perut luar dengan olahan tradisional pula.
Bahan:

a). Kain stagen, kain yang panjang untuk melilit perut. Biasanya, digunakan untuk memakai kebaya. Bisa juga menggunakan korset.
b). Daun pisang muda.
c). Jeruk nipis.
d). Getah pohon jarak.
e). Air kapur.
f). Minyak kain putih.

Langkah-langkahnya:

a). Daun pisang dikukus terlebih dahulu.
b). Oleskan getah pohon jarak, jeruk nipis, air kapur, dan minyak kayu putih ke seluruh perut.
c). Lapisi dengan daun pisang muda yang telah dikukus.
d). Tutupi perut dengan kain atau korset.

2. Senam

Angkat salah satu kaki bersamaan dengan mengangkat kepala dan bahu sambil tangan meraih kaki yang diangkat. Posisi telentang dengan kaki ditekuk dan tangan di dada. Angkat kepala hingga bahu sambil mengencangkan perut. Lakukan gerakan ini berulang-ulang.
Lanjutkan gerakan dengan mengangkat kepala dan punggung hingga posisi duduk, lalu turunkan perlahan-lahan posisi tidur terlentang. Angkat salah satu kaki 90 derajat, turunkan. Lakukan secara bergantian. Lanjutkan dengan mengangkat kaki, tahan dan kembali ke posisi sejajar. Lakukan cara ini selama masa nifas secara teratur pagi dan sore. Jika habis masa nifas, lakukan pada waktu pagi hari saja.

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

Para ahli telah membuktikan bahwa makan makanan dalam jumlah banyak secara fisik dapat meregangkan perut Anda. Pada penelitian lain juga telah membuktikan bahwa ada cara mengecilkan perut secara alami dan bertahap agar kembali ke ukuran normal.
Otot perut Anda secara efektif akan mengembang ketika Anda makan dan menyusut kembali ketika Anda selesai makan. Karena itu Anda dapat melatih otot perut Anda untuk mengecilkan perut dengan mengikuti beberapa langkah sederhana.

Cara mengecilkan perut secara alami:

a). Minum air dingin sebelum makan untuk mengecilkan perut Anda.
b). Mengurangi porsi makan secara bertahap untuk melatih perut Anda sehingga Anda secara bertahap akan makan lebih sedikit.
c). Makan perlahan-lahan dan benar-benar mengunyah makanan yang anda makan untuk memudahkan pencernaan.
d). Cobalah menghindari makanan yang mengembang di dalam perut yang bisa membuat perut Anda melar.
e). Makanlah secara teratur dan tidak perlu menunggu perut lapar, perut Anda akan segera menyesuaikannya.

Para ahli mengatakan bahwa Anda dapat mengecilkan perut Anda dengan makan dalam porsi yang lebih sedikit hanya dalam 2 sampai 4 minggu! Juga tingkatkan konsumsi makanan yang berserat tinggi. Makanan yang berserat tinggi biasanya mempunyai kandungan kalori yang rendah sehingga dapat menjaga sistem pencernaan Anda agar berfungsi dengan baik dan mengurangi risiko kanker

 
[sumber;info-infounik.blogspot.com]
◄ Newer Post Older Post ►